BAB II
TIPS..GAMBARAN SEDERHANA 
MENYUSUN BAB II
Sekedar Berbagi Pengalaman,
Contoh Judul :
BAB II
KAJIAN TEORI
PENGARUH (X) MANAJEMEN
TERHADAP (Y) PENDIDIKAN 
PADA MAPEL X DI SEKOLAH X 
- Bab II , 20 – 25 halaman.
 - Bab II menjelaskan judul berdasar buku dan jurnal yang direkomendasikan
 - Judul Sub Judul disesuaikan dengan sistematika kampus bersangkutan.
 - Sesuai bimbingan dan arahan Dosen
 - Secara Umum Bab II, Kuantitatif Kualitatif sama
 
1. LANDASAN :
- Teologis
 - Filosofis
 - Teoritis
 - Yuridis
 - Dan seterusnya tergantung Fakjur
 
2. KONSEP DASAR
a. MANAJEMEN
- Pengertian
 - Faktor-faktor
 - Aspek, Indikator, Dimensi, Ciri, Komponen
 - Dll,
 - 3-5 Sub judul yang dianggap relevan
 
- Pengertian
 - Faktor-faktor
 - Aspek, Indikator, Dimensi, Ciri, Komponen
 - Dll,
 - 3-5 Sub judul yang dianggap relevan
 
c. PENGARUH (X) MANAJEMEN TERHADAP (Y) PENDIDIKAN
B. PEMBAHASAN
1. LANDASAN :
a. Teologis
- Tampilkan ayat Al-Qur’an (PAI) yang relevan dengan manjemen dan pendidikan dengan huruf Arab disertai artinya dan sumber referensi.
 - Perkuat deanagan Hadist dalam huruf arab beserta artinya.
 - Beri penjelasan landasan tersebut dihubungkan dengan judul, berdasarkan pendapat ahli dibuku dan jurnal,
 - 3-4 paragraph.
 
- Filsafat, aliran, Tokoh,
 - Penjelasan idem
 
d. Yuridis, penjelasan idem
2. KONSEP DASAR
a. MANAJEMEN
1) Pengertian
- Pengertian manajemen secara istilah dan kamus
 - Pengertian Manajemen menurut para ahli, 2-3 pendapat atau lebih
 - Kesimpulan berdasar istilah dan pendapat.
 - 3-4 paragraph, 1 halaman
 
- Jelaskan factor-faktor yang mempengaruhi berdasar buku atau jurnal, yang relevan dengan judul, bisa dikutip langsung,
 - 3-4 paragraph tergantung uraian
 - 4-6 halaman
 
- Sub Judul ini merupakan sub judul penting dan harus ada,
 - Karena merupakan panduan kita dalam menyusun soal angket/ kuisioner/ wawancara dilapangan.
 - Cari aspek indicator dari buku atau jurnal yang relevan dengan judul.
 - 3-4 paragraph tergantung uraian
 - 4-6 halaman
 
b. PENDIDIKAN
- Pengertian, idem
 - Faktor-faktor, idem
 - Aspek, Indikator, Dimensi, Ciri, Komponen, idem
 - Dll,
 
c. PENGARUH (X) MANAJEMEN TERHADAP (Y) PENDIDIKAN
- Uraikan berbagai penjelasan dan pendapat para ahli dari berbagai sumber yang relevan dengan judul.
 - Bukan pengertian lagi, tapi esensi judul berdasar pendapat ahli.
 - 6-8 paragraph
 - 4-5 halaman
 
C. PENUTUP
- Fokus utama kita adalah menyelesaikan Karya Tulis Skripsi, bukan yang lain.
 - Ini hanyalah gambaran umum saja, karena tiap kampus akan berbeda sistematika.
 - Jika kerangka seperti ini sudah disusun akan memudahkan kita dan dosen dalam penyusunan
 - Selalu berkonsultasi dan mengikuti arahan dosen pembimbing.
 - Sambil menggarap lampiran tambahan, kelengkapan berkas dan lainnya diluar Bab 1-5
 - Be the BEST, Bijak, Efektif, Smart, Taktis
 - Semoga bermanfaat
 
Catatan :
Tulisan ini adalah tulisan lepas,
Tulisan ini hanyalah peduli dan sumbang saran bagi rekan-rekan yang sedang berjuang menyusun Skripsi, agar sedikit mendapat gambaran dalam kemudahan yang disusun berdasarkan berbagai pengalaman.
1502-2020 Ig; @wawanridwan.as

                        
                        
                        
                
                
                
                
                
                
                
                
                
                
                
                
                
    
    
    
    
        
        
        
        
        
        
1 Komentar
How are the tips presented in the blog post structured? Are they organized into categories or sections based on thematic relevance, or are they provided in a more random or eclectic fashion? Greeting : Telkom University
BalasHapus